Gratis untuk yang Berbaju Batik

By Republika Newsroom
Senin, 28 September 2009 pukul 17:24:00

JAKARTA – Pemprov DKI menghimbau warga kota untuk menggunakan batik pada Jumat (2/10) mendatang. Menurut Asisten Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Aurora Tambunan, imbauan tersebut sebagai bentuk dukungan moril terhadap dinominasikannya Batik Indonesia sebagai intangible cultural Heritage (warisan budaya dunia tak benda).

Nominasi tersebut disampaikan pada sidang UNESCO pada 28 September hingga 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi Uni Emirat Arab.
“Diharapkan seluruh warga Jakarta baik perorangan maupun pemerintahan serta swasta memakai batik pada hari itu,” ujar Aurora , Senin (28/9).

Menurut Aurora, bila batik disahkan menjadi warisan budaya dunia tak benda, maka batik menjadi warisan ketiga
Indonesia yang terdaftar dalam Intangibe Heritage of Humanity Unesco. Sebelumnya, Keris masuk ke daftar tersebut pada 2003. Lalu dilanjutkan oleh Wayang pada 2005.

Demi mendukung penobatan oleh UNESCO tersebut, seluruh museum di bawah Pemprov DKI Jakarta pada 3 – 7 Oktober mendatang akan menggratiskan setiap pengunjung yang menggunakan baju batik. “
Para pengunjung pun akan dibe rika n pin batik sebagai penghargaan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Arie Budiman.

Selain museum,
Taman margasatwa ragunan pun memeb rika n tiket masuk gratis kepada pengunjung berbaju batik pada 5 Oktober 2009. Begitu pula dengan Ancol yang membe rika n diskon sebesar 50 persen untuk Gerbang Utama, Atlantis, dan Samudra. Sedangkan Dunia Fantasi membe rika n diskon masuk 40 persen. c09/itz


oggix.com :
Free Shoutbox & Complete Blog Tools





Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments