Who Is Muhammad

Tulisan ini mencoba memberikan persepsi lain atasMuhammad (SAW) dari orang2 yang bukan pengikutnya.Tujuannya sih, biar yang belum baca jadi baca, yangsudah baca baca lagi, (pengikutnya) yang belum cintajadi cinta, yang sudah cinta jadi tambah cintamelebihi cinta pada dirinya, yang sudah cintanya kayakgitu yaa biar bisa nularin deh sama yang lain.

ENCYCLOPEDIA BRITANNICA
"Sejumlah besar sumber awal menunjukkan bahwa diaadalah seseorang yang jujur dan berbudi baik yangdihormati dan ditaati orang-orang yang sepertinya(jujur dan berbudi baik) (Vol. 12)"

MAHATMA GANDHI (Komentar mengenai karakter Muhammad diYOUNG INDIA):
"Pernah saya bertanya-tanya siapakah tokoh yang palingmempengaruhi manusia... Saya lebih dari yakin bahwabukan pedanglah yang memberikan kebesaran pada Islampada masanya. Tapi ia datang dari kesederhanaan,kebersahajaan, kehati-hatian Muhammad; sertapengabdian luar biasa kepada teman dan pengikutnya,tekadnya, keberaniannya, serta keyakinannya pada Tuhandan tugasnya. Semua ini (dan bukan pedang )menyingkirkan segala halangan. Ketika saya menutuphalaman terakhir volume 2 (biografi Muhammad), sayasedih karena tiada lagi cerita yang tersisa darihidupnya yang agung.?

Sir George Bernard Shaw (The Genuine Islam,' Vol. 1,No. 8, 1936.)
"Jika ada agama yang berpeluang menguasai Inggris ?bahkan Eropa - beberapa ratus tahun dari sekarang,Islam-lah agama tersebut." ?Saya senantiasa menghormati agama Muhammadkarenapotensi yang dimilikinya. Ini adalah satu-satunyaagama yang bagi saya memiliki kemampuan menyatukan danmerubah peradaban. Saya sudah mempelajari Muhammad ?sesosok pribadi agung yang jauh dari kesan seoranganti-kristus, dia harus dipanggil 'sang penyelamatkemanusiaan?"
"Saya yakin, apabila orang semacam Muhammad memegangkekuasaan tunggal di dunia modern ini, dia akanberhasil mengatasi segala permasalahan sedemikianhingga membawa kedamaian dan kebahagiaan yangdibutuhkan dunia: Ramalanku, keyakinan yang dibawanyaakan diterima Eropa di masa datang dan memang ia telahmulai diterima Eropa saat ini?
"Dia adalah manusia teragung yang pernah menginjakkankakinya di bumi ini. Dia membawa sebuah agama,mendirikan sebuah bangsa, meletakkan dasar-dasarmoral, memulai sekian banyak gerakan pembaruan sosialdan politik, mendirikan sebuah masyarakat yang kuatdan dinamis untuk melaksanakan dan mewakili seluruhajarannya, dan ia juga telah merevolusi pikiran sertaperilaku manusia untuk seluruh masa yang akan datang.
Dia adalah Muhammad (SAW). Dia lahir di Arab tahun 570masehi, memulai misi mengajarkan agama kebenaran,Islam (penyerahan diri pada Tuhan) pada usia 40 danmeninggalkan dunia ini pada usia 63.
Sepanjang masa kenabiannya yang pendek (23 tahun) diatelah merubah Jazirah Arab dari paganisme dan pemujamakhluk menjadi para pemuja Tuhan yang Esa, daripeperangan dan perpecahan antar suku menjadi bangsayang bersatu, dari kaum pemabuk dan pengacau menjadikaum pemikir dan penyabar, dari kaum tak berhukum dananarkis menjadi kaum yang teratur, dari kebobrokan kekeagungan moral. Sejarah manusia tidak pernah mengenaltranformasi sebuah masyarakat atau tempat sedahsyatini ?dan bayangkan ini terjadi dalam kurun waktuhanya sedikit di atas DUA DEKADE."

MICHAEL H. HART (THE 100: A RANKING OF THE MOSTINFLUENTIAL PERSONS IN HISTORY, New York, 1978)
Pilihan saya untuk menempatkan Muhammad pada urutanteratas mungkin mengejutkan semua pihak, tapi dialahsatu-satunya orang yang sukses baik dalam tataransekular maupun agama. (hal. 33). Lamar tine, seorangsejarawan terkemuka menyatakan bahwa:"Jika keagungan sebuah tujuan, kecilnya fasilitas yangdiberikan untuk mencapai tujuan tersebut, sertamenakjubkannya hasil yang dicapai menjadi tolok ukurkejeniusan seorang manusia; siapakah yang beranimembandingkan tokoh hebat manapun dalam sejarah moderndengan Muhammad? Tokoh-tokoh itu membangun pasukan,hukum dan kerajaan saja. Mereka hanyalah menciptakankekuatan-kekuatan material yang hancur bahkan di depanmata mereka sendiri.Muhammad bergerak tidak hanya dengan tentara, hukum,kerajaan, rakyat dan dinasti, tapi jutaan manusia didua per tiga wilayah dunia saat itu; lebih dari itu,ia telah merubah altar-altar pemujaan, sesembahan,agama, pikiran, kepercayaan serta jiwa...
Kesabarannya dalam kemenangan dan ambisinya yang dipersembahkanuntuk satu tujuan tanpa sama sekali berhasratmembangun kekuasaan, sembahyang-sembahyangnya,dialognya dengan Tuhan, kematiannnya dankemenangan-kemenangan (umatnya) setelah kematiannya;semuanya membawa keyakinan umatnya hingga ia memilikikekuatan untuk mengembalikan sebuah dogma. Dogma yangmengajarkan ketunggalan dan kegaiban (immateriality)Tuhan yang mengajarkan siapa sesungguhnya Tuhan.
Diasingkirkan tuhan palsu dengan kekuatan dan mengenalkantuhan yang sesungguhnya dengan kebijakan. Seorang filsuf yang juga seorang orator, apostle (hawariyyun, 12 orang pengikut Yesus-pen.), prajurit,ahli hukum, penakluk ide, pegembali dogma-dogmarasional dari sebuah ajaran tanpa pengidolaan, pendiri20 kerajaan di bumi dan satu kerajaan spiritual, ialahMuhammad. Dari semua standar bagaimana kehebatanseorang manusia diukur, mungkin kita patut bertanya:adakah orang yang lebih agung dari dia?"

(Lamar tine, HISTOIRE DE LA TURQUIE, Paris, 1854, Vol.II, pp 276-277)
"Dunia telah menyaksikan banyak pribadi-pribadi agung.Namun, dari orang orang tersebut adalah orang yangsukses pada satu atau dua bidang saja misalnya agamaatau militer. Hidup dan ajaran orang-orang iniseringkali terselimuti kabut waktu dan zaman. Begitubanyak spekulasi tentang waktu dan tempat lahirmereka, cara dan gaya hidup mereka, sifat dan detailajaran mereka, serta tingkat dan ukuran kesuksesanmereka sehingga sulit bagi manusia untukmerekonstruksi ajaran dan hidup tokoh-tokoh ini.
Tidak demikian dengan orang ini. Muhammad (SAW) telahbegitu tinggi menggapai dalam berbagai bidang pikirdan perilaku manusia dalam sebuah episode cemerlangsejarah manusia. Setiap detil dari kehidupan pribadidan ucapan-ucapannya telah secara akuratdidokumentasikan dan dijaga dengan teliti sampai saatini. Keaslian ajarannya begitu terjaga, tidak sajaoleh karena penelusuran yang dilakukan para pengikutsetianya tapi juga oleh para penentangnya.
Muhammad adalah seorang agamawan, reformis sosial,teladan moral, administrator massa, sahabat setia,teman yang menyenangkan, suami yang penuh kasih danseorang ayah yang penyayang - semua menjadi satu.Tiada lagi manusia dalam sejarah melebihi atau bahkanmenyamainya dalam setiap aspek kehidupan tersebut -hanya dengan kepribadian seperti dia-lah keagunganseperti ini dapat diraih."

K. S. RAMAKRISHNA RAO, Professor Philosophy dalambookletnya, "Muhammad, The Prophet of Islam
"Kepribadian Muhammad, hhmm sangat sulit untukmenggambarkannya dengan tepat. Saya pun hanya bisamenangkap sekilas saja: betapa ia adalah lukisan yangindah. Anda bisa lihat Muhammad sang Nabi, Muhammadsang pejuang, Muhammad sang pengusaha, Muhammad sangnegarawan, Muhammad sang orator ulung, Muhammad sangpembaharu, Muhammad sang pelindung anak yatim-piatu,Muhammad sang pelindung hamba sahaya, Muhammad sangpembela hak wanita, Muhammad sang hakim, Muhamad sangpemuka agama. Dalam setiap perannya tadi, ia adalahseorang pahlawan.
Saat ini, 14 abad kemudian, kehidupan dan ajaranMuhammad tetap selamat, tiada yang hilang atau berubahsedikit pun. Ajaran yang menawarkan secercah harapanabadi tentang obat atas segala penyakit kemanusiaanyang ada dan telah ada sejak masa hidupnya. Inibukanlah klaim seorang pengikutnya tapi juga sebuahsimpulan tak terelakkan dari sebuah analisis sejarahyang kritis dan tidak bias.

PROF. (SNOUCK) HURGRONJE:
Liga bangsa-bangsa yang didirikan Nabi umat Islamtelah meletakkan dasar-dasar persatuan internasionaldan persaudaraan manusia di atas pondasi yanguniversal yang menerangi bagi bangsa lain.
Buktinya, sampai saat ini tiada satu bangsa pun didunia yang mampu menyamai Islam dalam capaiannyamewujudkan ide persatuan bangsa-bangsa.
Dunia telah banyak mengenal konsep ketuhanan, telahbanyak individu yang hidup dan misinya lenyap menjadilegenda. Sejarah menunjukkan tiada satu pun legendaini yang menyamai bahkan sebagian dari apa yangMuhammad capai. Seluruh jiwa raganya ia curahkan untuksatu tujuan: menyatukan manusia dalam pengabdiankapada Tuhan dalam aturan-aturan ketinggian moral.Muhammad atau pengikutnya tidak pernah dalam sejarahmenyatakan bahwa ia adalah putra Tuhan ataureinkarnasi Tuhan atau seorang jelmaan Tuhan ?diaselalu sejak dahulu sampai saat ini menganggap dirinyadan dianggap oleh pengikutnya hanyalah sebagai seorangpesuruh yang dipilih Tuhan.

THOMAS CARLYLE in his HEROES AND HEROWORSHIP ?
Betapa menakjubkan) seorangmanusia sendirian dapatmengubah suku-suku yang saling berperang dan kaumnomaden (Baduy) menjadi sebuah bangsa yang paling majudan paling berperadaban hanya dalam waktu kurang daridua decade.?
"Kebohongan yang dipropagandakan kaum Barat yangdiselimutkan kepada orang ini (Muhammad) hanyalahmempermalukan diri kita sendiri.?
"Sesosok jiwa besar yang tenang, seorang yang mautidak mau harus dijunjung tinggi. Dia diciptakan untukmenerangi dunia, begitulah perintah Sang PenciptaDunia.?

EDWARD GIBBON and SIMON OCKLEY speaking on theprofession of ISLAM write:
'Saya percaya bahwa Tuhan adalah tunggal danMuhammad adalah pesuruh-Nya? adalah pengakuankebenaran Islam yang simpel dan seragam. Tuhan tidakpernah dihinakan dengan pujaan-pujaan kemakhlukan;penghormatan terhadap Sang Nabi tidak pernah berubahmenjadi pengkultusan berlebihan; dan prinsip-prinsiphidupnya telah memberinya penghormatan daripengikutnya dalam batas-batas akal dan agama

(HISTORY OF THE SARACEN EMPIRES, London, 1870, p. 54).
Muhammad tidak lebih dari seorang manusia biasa. Tapiia adalah manusia dengan tugas mulia untuk menyatukanmanusia dalam pengabdian terhadap satu dan hanya satuTuhan serta untuk mengajarkan hidup yang jujur danlurus sesuai perintah Tuhan. Dia selalu menggambarkandirinya sebagai 'hamba dan pesuruh Tuhan?dandemikianlah juga setiap tindakannya.

SAROJINI NAIDU, penyair terkenal India (S. Naidu,IDEALS OF ISLAM, vide Speeches & Writings, Madras,1918, p. 169):
Inilah agama pertama yang mengajarkan danmempraktekkan demokrasi; di setiap masjid, ketikaadzan dikumandangkan dan jemaah telah berkumpul,demokrasi dalam Islam terwujud lima kali sehari ketikaseorang hamba dan seorang raja berlutut berdampingandan mengakui: 'Allah Maha Besar?.. Saya terpukau lagidan lagi oleh kebersamaan Islam yang secara naluriahmembuat manusia menjadi bersaudara.

DIWAN CHAND SHARMA:
"Muhammad adalah sosok penuh kebaikan, pengaruhnyadirasakkan dan tak pernah dilupakan orang-orangterdekatnya.(D.C. Sharma, THE PROPHETS OF THE EAST, Calcutta,1935, pp. 12)

James A. Michener, "Islam: The Misunderstood Religion," in READER'S DIGEST(American edition), May 1955, pp. 68-70.
Muhammad, seorang inspirator yang mendirikan Islam, dilahirkan pada tahun570 masehi dalam masyarakat Arab penyembah berhala. Yatim semenjak kecildia secara khusus memberikan perhatian kepada fakir miskin, yatim piatudan janda, serta hamba sahaya dan kaum lemah. Di usia 20 tahun, dia sudahmenjadi seorang pengusaha yang sukses, dan menjadi pengelola bisnisseorang janda kaya. Ketika mencapai usia 25, sang majikan melamarnya.Meski usia perempuan tersebut 15 tahun lebih tua Muhammad menikahinya dantetap setia kepadanya sepanjang hayat sang istri.
"Seperti halnya para nabi lain, Muhammad memulai tugas kenabiannya dengansembunyi2 dan ragu2 karena menyadari kelemahannya. Tapi "Baca?adalahperintah yang diperolehnya, -dan meskipun sampai saat ini diyakini bahwaMuhammad tidak bisa membaca dan menulis ?dan keluarlah dari mulutnya satukalimat yang akan segera mengubah dunia: "Tiada tuhan selain Tuhan.?"Dalam setiap hal, Muhammad adalah seorang yang mengedepankan akal. Ketikaputranya, Ibrahim, meninggal disertai gerhana dan menimbulkan anggapanummatnya bahwa hal tersebut adalah wujud rasa belasungkawa Tuhankepadanya, Muhammad berkata: "Gerhana adalah sebuah kejadian alam biasa,adalah suatu kebodohan mengkaitkannya dengan kematian atau kelahiranseorang manusia.?
"Sesaat setelah ia meninggal, sebagian pengikutnya hendak memujanyasebagaimana Tuhan dipuja, akan tetapi penerus kepemimpinannya (AbuBakar-pen.) menepis keingingan ummatnya itu dengan salah satu pidatorelijius terindah sepanjang masa: 'Jika ada diatara kalian yang menyembahMuhammad, maka ketahuilah bahwa ia telah meninggal. Tapi jika Tuhan-lahyang hendak kalian sembah, ketahuilah bahwa Ia hidup selamanya? (Ayatterkait: Q.S. Al Imran, 144 - pen.)

W. Montgomery Watt, MOHAMMAD AT MECCA, Oxford, 1953, p. 52.
"Kesiapannya menempuh tantangan atas keyakinannya, ketinggian moral parapengikutnya, serta pencapaiannya yang luar biasa ?Esemuanya menunjukkanintegritasnya. Mengira Muhammad sebagai seorang penipu hanyalah memberikanmasalah dan bukan jawaban. Lebih dari itu, tiada figur hebat yangdigambarkan begitu buruk di Barat selain Muhammad?

Annie Besant, THE LIFE AND TEACHINGS OF MUHAMMAD, Madras, 1932, p. 4.
"Sangat mustahil bagi seseorang yang memperlajari karakter Nabi BangsaArab, yang mengetahui bagaimana ajarannya dan bagaimana hidupnya untukmerasakan selain hormat terhadap beliau, salah satu utusan-Nya. Danmeskipun dalam semua yang saya gambarkan banyak hal-hal yang terasa biasa,namun setiap kali saya membaca ulang kisah-kisahnya, setiap kali pula sayamersakan kekaguman dan penghormatan kepada sang Guru Bangsa Arabtersebut."

Bosworth Smith, MOHAMMAD AND MOHAMMADANISM, London, 1874, p. 92.
"Dia adalah perpaduan Caesar dan Paus; tapi dia adalah sang Paus tanpapretensinya dan seorang caesar tanpa Legionnaire-nya: tanpa tentara, tanpapengawal, tanpa istana, tanpa pengahasilan tetap; jika ada seorang manusiayang pantas untuk berkata bahwa dia-lah wakil Tuhan penguasa dunia,Muhammad lah orang itu, karena dia memiliki kekuatan meski ia tak memilikisegala instrument atau penyokongnya.?

John William Draper, M.D., L.L.D., A History of the IntellectualDevelopment of Europe, London 1875, Vol.1, pp.329-330
"Empat tahun setelah kematian Justinian, pada 569 AD, telah lahir diMekkah Arabia seorang manusia yang sangat besar pengaruhnya terhadap ummatmanusia ?EMuhammad?
John Austin, "Muhammad the Prophet of Allah," in T.P. 's and Cassel'sWeekly for 24th September 1927.Dalam kurun waktu hanya sedikit lebih dari satu tahun, ia telah menjadipemimpin di Madinah. Kedua tangannya memegang sebuah tuas yang siapmengguncang dunia.

Professor Jules Masserman
"Pasteur dan Salk adalah pemimpin dalam satu hal (intelektualitas-pen).Gandhi dan Konfusius pada hal lain serta Alexander, Caesar dan Hitlermungkin pemimpin pada kategori kedua dan ketiga (reliji dan militer pen.).Jesus dan Buddha mungkin hanya pada kategori kedua. Mungkin pemimpinterbesar sepanjang masa adalah Muhammad, yang sukses pada ketiga kategoritersebut. Dalam skala yang lebih kecil Musa melakukan hal yang sama.?


Just fun with surfing in another site :
http://ninafkoe.multiply.com
Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments